oleh

Eddy Ganefo: Terapkan Pendidikan Vokasi di Level SMK

-Ekonomi-7 views

Jakarta- Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Eddy Ganefo mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan roadmap untuk mendorong pendidikan vokasi di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ini dilakukan untuk mempersiapkan para siswa berdaya saing di dunia kerja begitu mereka lulus.

“Karena banyak persepsi di berbagai provinsi bahwa SMK itu keluaran alumninya tidak bisa langsung diserap oleh dunia usaha,” kata Eddy di temui di Kadin Indonesia, Minggu (9/12).

Menurut Eddy, Hal ini dilakukan agar lulusan SMK lebih berdaya saing di dunia kerja untuk diserap perusahaan yang membutuhkan.

“Selanjutnya, perlu dipikirkan bagaimana merombak struktur belajarnya. Termasuk mengatur porsi belajar teori di kelas dan praktik di lapangan,”

Ia menekankan, jangan terlalu banyak kurikulum yang normatif dan adaptif, melainkan teknis yang produktif. Selain itu, pemerintah juga telah menaikkan anggaran untuk vokasi.

“Perlunya koordinasi dengan Kementerian Pendidikan untuk mengatur kurikulum belajar mengajar sehingga tak bermasalah ke depannya,” jelasnya.

Eddy juga menganggap kualitas guru perlu ditingkatkan melalui pelatihan agar sejalan dengan program vokasi.

“Semuanya harus sejalan, mulai tahun depan pemerintah akan melaksanakan pendidikan vokasi besar-besaran. Bukan hanya untuk SMK, tentu saja nanti ada di pesantren supaya ada vokasi di situ,” tukasnya. (FKV)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed