oleh

Dari Bali, Rombongan Peziarah Tarekat Syadziliyah Menuju Jombang

-Nasional-0 views

Ribuan peziarah tarekat Syadziliyah PP. Alkahfi Somalangu Kebumen yang dipimpin mursyid tarekat Syadziliyah sekaligus Rois Syuriah PCNU Kebumen, KH. Afiffudin Chanif Alhasani ini di Provinsi Bali bertawasul di makam Syeikh Abdul Qadir Muhammad ‘The Kwan Lie’, Karang Rupit, Desa Temukus, Labuhanaji, Banjar, Kab. Buleleng, Bali, Rabu, (13/03/2019). Di tempat ini sekaligus mengakhiri agenda ziarah di Bali. Usai dari Bali, direncanakan dilanjutkan diantaranya ke makam pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari (Tebu Ireng, Jombang) dan waliyullah Syeikh Nahrawi Dalhar (Watu Congol, Magelang).

Selama di Provinsi Bali, selain ziarah di makam Karang Rupit ini, sebelumnya telah melaksanakan ziarah di makam Pangeran Mas Sepuh alias Raden Amangkuningrat, yang terletak di pinggir Pantai Seseh, Mengwi, Tabanan, Bali. Kemudian di makam Keramat Kembar Karangasem (Maulana Yusuf al-Baghdi al-Maghribi dan Ali bin Zaenal Abidin al-Idrus), yang terletak di Desa Bungaya Kangin, Kec. Bebandem, Kab. Karangasem (Amlapura), Bali. Serta makam Habib Ali bin Abu Bakar al-Hamid yang terletak di tepi pantai Desa Kusamba, Kec. Dawah, Kab. Klungkung, Bali.

Selain melaksanakan ziarah, ribuan jamaah dari Kebumen ini juga melaksanakan tadabur alam di Pantai Pandawa atau Pantai Kutuh yang terletak di Desa Kutuh Badung. Pantai ini punya ciri khas akses jalannya di tengah tebing yang eksotis. Juga di Denpasar rombongan peziarah dari Kebumen ini melaksanakan silaturahmi bersama  jamaah tarekat Syadziliah PP. Alkahfi Somalangu yang bersomisili di Bali serta sejumlah komunitas dari Jawa Tengah yang telah menjadi penduduk Bali seperti komunitas Banyumasan Bali yang diketuai Rijal Maya Putra, SH., MA., dan komunitas Kebumenan Bali dengan ketua Drs. Paryono, komunitas Semporan dengan ketua Solichin Ali Munawar.

Kegiatan ziarah, tadabur alam, dan silaturahmi yang dilaksanakan sejak hari Minggu kemarin, (10/03/2018) ini, selain jamaah tarekat Syadziliyah PP. Alkahfi Somalangu, kegiatan ini juga diikuti sejumlah ulama dan pengasuh pesantren yang ada di Kebumen. Juga diikuti oleh sebagian pengurus PCNU Kebumen dan sejumlah pengurus MWCNU-MWCNU yang ada di Kebumen.

Sejumlah tokoh agama terlihat diantaranya Pengasuh PP. Alhasani Kebumen Gus Lukman Alhasani, pengasuh PP. Attaujih Al-Islami Cilacap Gus Wajih, pengasuh PP. Syadziliyah yang juga Ketua Muallaf Center PBNU Gus Wahyu NH Aly, pengasuh pesantren di Depok Rejo di Kebumen KH. Masdar Alifudin, pengasuh pesantren di Cilacap KH. Salim. Terlihat juga Kyai Miftah Widoro, KH. Nur Cholis Kalikudu, KH. Solihun Ambal, KH. Mahmudin, KH. Faqihudin Zuhdi, KH. Mukhlasin, KH. Abu Mahali, KH. Musdarin, Gus Abu Salim Petanahan, Gus M. Nurhafidz, Kyai Hanifudin, Kyai Nasihin Prembun, dan lainnya.

Sampai berita ini diturunkan, peziarah baru saja melaksanakan tawasul di makam Syeikh Abdul Qadir Muhammad ‘The Kwan Lie’, dan akan melanjutkan ke pelabuhan menuju Jombang, Jawa Timur.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed