oleh

Moda Transportasi

Oleh: Melinda Irja Fitriani (Semester IV Teknik Sipil UNIMUDA Sorong)

Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dengan menggunakan wahana yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Alat tranportasi sangat membantu manusia karena alat tranportasi memiliki bermacam macam jenis mulai dari motor, mobil, dan lain-lain. Alat transportasi telah banyak digunakan karena bisa mempersingkat waktu karena menggunakan alat transportasi itu lebih cepat dibandingkan jalan kaki.

Alat transportasi memiliki beberapa fungsi utama bagi manusia. Adapun beberapa fungsi transportasi adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai alat untuk memudahkan kegiatan manusia sehari-hari.
  2. Sebagai alat untuk melancarkan proses perpindahan manusia dan atau barang keperluan manusia.
  3. Sebagai media yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan pembangunan di daerah tertentu.
  4. Sebagai media yang dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan ekonomi nasional melalui bisnis jasa transportasi.

Ada tiga jenis transportasi yang sering digunakan oleh manusia. Mengacu pada pengertian transportasi, adapun beberapa jenis dan contoh alat transportasi adalah sebagai berikut:

A. Transportasi Darat
Transportasi darat terdiri dari 2 kelompok, yaitu :
1. Transportasi Jalan Raya
Kendaraan yang beroperasi dengan menggunakan jalan aspal/ beton. Beberapa prasarana yang dibutuhkan adalah jalan raya, jembatan, halte, rambu lalu lintas, dan lainnya.
Alat transportasi jalan raya diantaranya:
– Mobil, baik mobil penumpang maupun mobil angkutan.
– Sepeda motor, kendaraan roda dua dengan motor penggerak yang sangat banyak digunakan masyarakat Indonesia.
– Sepeda, kendaraan roda dua yang digerakkan oleh manusia.

2. Kereta Api/ Listrik
Kendaraan yang bergerak dengan menggunakan bahan bakar batu bara atau daya listrik, dimana arah lajunya sesuai dengan rel. Alat transportasi ini sangat populer digunakan karena selain karena lebih ekonomis, kereta api juga cukup cepat dan bebas macet

B. Transportasi Udara
Transportasi udara adalah kendaraan yang melakukan operasinya di udara, baik mengangkut manusia, hewan, maupun barang. Prasarana yang dibutuhkan transportasi udara adalah bandara udara, operator penerbangan, dan lainnya.

C. Transportasi Air
Transportasi air adalah semua kendaraan yang dapat melakukan operasinya di atas permukaan air, seperti perahu, kapal laut, feri, dan lainnya. Prasarana angkutan air yang paling dibutuhkan adalah pelabuhan sebagai tempat untuk mengangkut penumpang atau barang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *