Menu
Berita Terbaru, Terkini, dan Terpopuler

Manfaat Bawang Bombay, Salah Satunya Baik untuk Kesehatan Jantung

  • Bagikan
Onions are excellent for heart and vascular health

Edisi.id- Sebagai pencampuran berbagai makanan bawang bombay punya aroma khas untuk menguatkan rasa masakan.

Serta juga memiliki manfaat bagi kesehatan karena mengandung berbagai zat gizi, tinggi akan vitamin, mineral dan senyawa antioksidan.

Melansir dari laman PMJ News menyebutkan beberapa manfaat bawang bombay yang bisa didapat dengan masukkannya ke dalam masakan, mengonsumsi langsung, atau dalam bentuk jus. sebagai berikut:

1. Baik untuk Kesehatan Jantung
Manfaat bawang bombay mengandung antioksidan dan senyawa yang melawan peradangan. Ia bisa menurunkan trigliserida dan mengurangi kadar kolesterol.

Efek ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sifat anti-inflamasinya yang kuat juga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan melindungi dari pembekuan darah.

2. Kaya Antioksidan
Bawang bombay merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Manfaat bawang bombay mengandung lebih dari 25 jenis antioksidan flavonoid yang berbeda.

Bawang bombay mengandung antioksidan flavonoid ouercetin. Ini dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Bawang juga mengandung antioksidan anthocyanin yang elah ditemukan untuk melindungi terhadap beberapa jenis kanker dan diabetes.

3. Cegah Kanker
Bawang bombay yang termasuk genus Allium dikaitkan membantu menurunkan risiko kanker tertentu, termasuk perut dan kolorektal. Manfaat bawang bombay ini dikaitkan dengan senyawa sulfur dan antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam allium.

Bawang bombay juga mengandung senyawa belerang yang telah terbukti mengurangi perkembangan tumor dan memperlambat penyebaran kanker ovarium dan paru-paru.

4. Bantu Mengontrol Gula Darah
Manfaat bawang bombay juga bisa membantu mengontrol gula darah. Ini sangat penting bagi penderita diabetes atau pradiabetes. Senyawa spesifik yang ditemukan dalam bawang, seperti senyawa quercetin dan sulfur, memiliki efek antidiabetes.

Misalnya, quercetin telah terbukti berinteraksi dengan sel-sel di usus kecil, pankreas, otot rangka, jaringan lemak dan hati untuk mengontrol regulasi gula darah seluruh tubuh.

5. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat bawang bombay mengandung selenium yang merangsang fungsi kekebalan tubuh. Mineral ini juga mencegah respon imun yang berlebihan, yang dapat memiliki efek buruk.

Sel-sel kekebalan yang kekurangan selenium berkembang dan bereproduksi secara tidak efisien. Sel-sel tersebut juga mengalami kesulitan dalam memproduksi protein penting dan mengangkut kalsium.

sumber : PMJ News
  • Bagikan