Menu
Berita Terbaru, Terkini, dan Terpopuler

Selama masa pandemi, Pendidikan terkena dampaknya

  • Bagikan

Berita edisi.com- era pandemi Covid-19 saat ini, pendidikan Indonesia adalah salah satu kekhawatiran terbesar. Sejak bulan Maret 2020, Indonesia telah meningkatkan status bahaya Covid-19, sehingga semua pembatasan perlu dibatasi yang disebut Lockdown.

 

Di dunia pendidikan, ketika pandemi yan terjadi pada Maret 2020, pada saat ini semua sekolah dan universitas ditutup, pembelajaran dilakukan dari rumah yang disebut PJJ (pelajaran jarak jauh). Menurut pemerintah, pembelajaran online dianggap sebagai cara belajar yang paling efektif dan efisien di masa pandemi saat ini.

 

Pembelajaran online harus dilakukan dengan menggunakan teknologi digital seperti Google Classroom, Rumah Belajar, dan Zoom. Selain itu, belajar di rumah sangat merepotkan pelajar dan mahasiswa karena kurang dipahami dan dapat menghabiskan banyak uang untuk membeli kuota internet.

 

Permasalahan yang dihadapi siswa, guru dan orang tua dalam dunia pendidikan khususnya dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran online antara lain kurangnya penguasaan teknologi, tambahan biaya alokasi internet, proses pendidikan dan pembelajaran, komunikasi dan sosialisasi antar peserta. Proses interaksi antara guru dan orang tua menjadi semakin berkurang, dan jam kerja tidak terbatas pada pendidik dan siswa. Karena mereka perlu terus berkomunikasi dan berkoordinasi setiap saat.

 

Dampak dari wabah Covid-19 juga dapat mempengaruhi dan menurunkan psikis siswa. Ketika pandemi ini terjadi, siswa harus tinggal di rumah tanpa batasan waktu atau kesempatan untuk berinteraksi dengan teman, yang dapat mengurangi interaksi sosial.

  • Bagikan