Menu
Berita Terbaru, Terkini, dan Terpopuler

Kopi Warisan Kuliner Masyarakat Muslim

  • Bagikan

Edisi.id – Seperti yang kita tahu kopi juga terbukti mengandung unsur kimia yang bisa menolak rasa kantuk. Dan ini sangat berfaedah sekali bagi orang yang ingin bergadang atau memiliki aktivitas malam hari.

Dalam beberapa Catatan sejarah, telah menyebutkan bahwa kopi adalah warisan kuliner masyarakat muslim. Dalam dunia islam sendiri kopi dinilai sangat bermanfaat, terlebih bagi para penganut Sufi terdahulu.

Orang-orang Sufi menyeruput kopi untuk alasan yang sama dengan peminum kopi saat ini yakni agar bisa tetap terjaga atau tidak mengantuk.Para sufi memerlukan kopi untuk membantu dalam ritual-ritual dzikir semalam suntuk.

Penganut tarekat diyakini menyebarkan kopi di dunia Arab pada abad 13 sampai 15 Masehi. Dan Karena itulah kopi dapat menyebar ke seluruh dunia. Selain menyebar lewat pedagang dan pengelana, kopi juga menyebar lewat para jamaah haji.

Menurut sejarawan Arab, kopi bahkan disajikan di Masjidil Haram. Karenanya jarang sekali ada acara zikir atau Maulid tanpa adanya suguhan kopi. Al-azhar Mesir juga menjadi pusat dari acara minum kopi yang kemudian dijadikan ritual resmi.

Dari sinilah didapati bahwa kopi adalah minuman warisan budaya Islam. Dari kalangan para sufi itulah penjelasan mengenai manfaat kopi bagi tubuh kita dalam segi kesehatan.

  • Bagikan