banner 728x250

Tips Bagi Pendaki Gunung

  • Bagikan
FOTO : (rembangbicara.pikiran-rakyat.com)
banner 468x60

Edisi.id- Pemula yang ingin mendaki gunung hendaknya bersama para senior yang sudah pengalaman, karena penuh risiko dalam aktivitas hiking.

Mendaki gunung itu bukan olahraga jalan sehat, juga termasuk olahraga ekstrim di alam bebas yang butuh perlengkapan dan pengetahuan. Jika Anda tidak membekali diri dengan baik. Anda bisa mengalami pengalaman buruk yang tidak bisa kamu lupakan sepanjang hidupmu. Misalnya, kelaparan di gunung, keseleo, sakit, encok, kedinginan hingga kecelakaan gunung.

banner 336x280

Melansir dari napaktilas.net berikut 3 tips mendaki gunung untuk pemula :

1. Mendakilah bersama pendaki senior

Tips mendaki gunung untuk pemula yang akan kami bagikan adalah mendakilah bersama pendaki senior. Sebagai pendaki pemula, kamu wajib pergi bersama pendaki senior yang lebih berpengalaman. Tujuannya adalah untuk keamanan dan kenyamananmu. Jangan nekat pergi sendiri atau bersama rombongan yang semua anggotanya adalah pendaki pemula. Ini akan sangat berisiko.

Pendaki senior memiliki banyak pengalaman dalam mendaki gunung. Mereka bisa memandu dan membantu saat kamu kebingungan. Ini akan meminimalisir kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Keuntungan lain, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih banyak mengenai cara mendaki gunung dari para senior.

2. Pilihlah gunung yang memiliki tingkat kesulitan rendah

Jangan langsung memaksakan tubuhmu untuk mendaki gunung yang tingkat kesulitannya tinggi. Coba terlebih dahulu dengan gunung yang medannya ringan sehingga bisa ditempuh dengan waktu yang relatif pendek. Cara ini akan membantumu melatih kekuatan fisik dan pernapasan sedikit demi sedikit. Biarkan tubuhmu beradaptasi sehingga nantinya akan terbiasa untuk aktivitas mendaki gunung. Selain itu, dengan memilih gunung yang tingkat kesulitannya rendah, kamu juga bisa lebih menikmati pengalaman mendaki.

3. Bawalah perlengkapan mendaki gunung yang memadai

Pendaki perlu membekali diri dengan perlengkapan yang memadai. 10 perlengkapan penting berikut ini wajib dibawa saat mendaki gunung.

  • Alat navigasi: kompas, peta cetak, GPS trackeraltimeter watch.
  • Headlampdan alat penerangan lain (lengkap dengan baterai cadangan)
  • Alat pelindung diri dari sinar matahari: tabir surya, kacamata hitam, topi, dan baju lengan panjang.
  • Perlengkapan P3K: Betadine, plaster, kapas, obat pereda nyeri, obat diare, minyak kayu putih.
  • Pisau khusus dengan banyak mata. Kamu bisa membelinya di toko perlengkapan
  • Korek api / fire starter.
  • Makanan dan camilan bergizi dan berkalori tinggi.
  • Kantong plastik besar untuk menyimpan pakaian kotor maupun sampah-sampah pribadimu selama mendaki gunung.
  • Jas hujan & pakaian ganti.
  • Air minum: air putih, minuman pengganti elektrolit tubuh.

Demikian 3 tips di atas semoga bermanfaat, serta berguna untuk Anda. Kunjungi terus website kami banyak informasi terkini dan terupdate

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *