banner 728x250

Ajarkan Anak Untuk Mandiri

  • Bagikan
Foto : instagram (kemdikbud.ri)
banner 468x60

Edisi.id- Bagi orang tua proses mendidik anak selalu menjadi hal yang mengesankan. Salah satunya dalam mendidik anak menjadi mandiri, mengenalkan anak pada hal-hal baru dan memberinya kepercayaan untuk menentukan pilihan.

Dalam postingan instagram resmi @kemdikbud.ri memberikan tips mendidik anak agar mandiri. sebagai berikut ;

banner 336x280

Anak bisa diperkenalkan dengan hal baru 

Hal pertama yang bisa dilakukan orang tua untuk mendidik anak menjadi pribadi mandiri yakni berusaha mengenalkan pada hal-hal yang baru. Cara ini juga bisa membuat anak tidak takut dalam menentukan keputusan.

Ajarkan Anak bisa menentukan pilihannya.

Sebagai orang tua sudah seharusnya tidak lagi memaksanakan anak untuk mengambil pilihan tertentu. Jika tetap melakukannya, maka membuat anak tidak nyaman, bahkan bisa tidak ikhlas dalam menjalani kewajibannya.

Hargai setiap usaha yang dijalani anak

Pada saat anak berhasil menumbuhkan sikap berani dan mandiri, maka orang tua perlu memberikan pujian. Bahkan setiap anak mengalami kegagalan, anak juga pantas memperoleh pujian dari orang tua.

Jangan membandingkan dengan yang lain

Orang tua harus percaya, setiap usaha yang dijalankan anak merupakan proses untuk memperoleh hasil yang diinginkannya, tujuannya, agar mereka bisa belajar dari kegagalan maupun keberhasilan, alhasil anak bisa menjadi mandiri.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *