banner 728x250

Cegah dan Kenali Kuman Sekitar Kita

  • Bagikan
ilustrasi macam-macam kuman (popbela.com)
banner 468x60

Edisi.id- Dalam situasi pandemi Covid-19, saat seseorang mengalami penyakit penyebabnya yang sering terjadi karena Kuman adalah organisme kecil yang membuat Anda merasa sakit dan menyebabkan penyakit. Kita bersentuhan dengan jutaan kuman setiap hari. Ada berbagai jenis kuman: bakteri, jamur, virus, dan protozoa.

Kuman bersifat parasit, yang berarti mereka memakan nutrisi dan energi dari organisme lain. Proses ini menyebabkan seseorang yang kesulitan melawan kuman menunjukkan gejala infeksi umum seperti demam, pilek, ruam, batuk, muntah, dan diare.

banner 336x280

Sekarang kita tahu kuman menyebabkan penyakit, menurut Anda bagaimana kuman menyebar? Kuman dapat menyebar dengan banyak cara, termasuk tiga jenis penularan (atau penularan kuman): langsung, tidak langsung, dan melalui udara. Penularan langsung berarti terjadi kontak dari orang ke orang, dan kuman ditularkan melalui cara itu. Tidak langsung berarti seseorang menyebarkan kuman ke suatu benda dan ketika orang berikutnya menyentuh benda itu, kuman itu menyebar. Kuman juga dapat melakukan perjalanan melalui udara untuk berpindah dari satu orang ke orang lain.

Dengan semua cara penyebaran kuman yang berbeda ini, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada cara untuk menghindari kuman masuk ke Anda. Meskipun kita tidak dapat benar-benar menghindari kuman sama sekali, kita dapat menjaga diri kita sendiri dengan mencuci tangan dan menutup mulut saat bersin, antara lain. Ini membantu mengurangi penyebaran kuman.

Sumber : askabiologist.asu.edu

 

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *