oleh

Tingkatkan Literasi Siswa, Arrahman Gelar Bulan Bahasa

 

Edisi.id -PTS (Penilaian Tengah Semester) telah usai. SD Ar-Rahman Islamic School mengadakan kegiatan bulan bahasa yang dilaksanakan sebulan penuh pada Oktober 2021. Bulan Bahasa ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa. Adapun kegiatan bulan bahasa diisi dengan berbagai kegiatan lomba, menulis dan membaca.

Bulan bahasa dibagi menjadi dua bagian, yakni kegiatan untuk kelas 1-3 dan kegiatan untuk kela 4-6. Adapun kegiatan untuk kelas 1-3 berupa lomba ABC 5 dasar, dimana siswa harus membuat 1 kata dari satu huruf depan yang diberikan oleh guru. Kemudian lomba baca cerita, dimana siswa membaca cerita kemudian guru bertanya kepada siswa apa isi buku yang telah di bacanya.

Kegiatan untuk kelas 4-6 tak kalah menarik dan menantangnya. Diantara lombanya adalah scrabbel bahasa, dimana siswa harus mampu membuat beberapa kata dari huruf-huruf yang diberikan guru, lomba Bersantap (Berani dan Santun berpendapat), dimana guru memberikan sebuah video, cerita, atau gambar kemudian siswa berpendapat secara bergantian dari video atau cerita yang telah disajikan guru.

Kemudian adapula kegiatan wisata buku, dimana seluruh siswa wajib membaca buku kemudian membuat kesimpulannya. Kesimpulan tersebut ditulis di aplikasi padlet, sehingga seluruh siswa dapat membaca kesimpulan dari buku yang ditulis dari temannya. Ada juga kegiatan menulis antologi, dimana siswa membuat cerita lalu cerita tersebut dibukukan. Pada kegiatan antologi ini, sebelum mengikuti kegiatan siswa terlebih dahulu dibekali bagaimana cara menulis yang baik.

Seluruh rangkaian kegiatan itu akan ditutup dengan kunjungan maya ke perpustakaan Jakarta Selatan. “Kegiatan ini tentu sangat menarik. Semoga kegiatan ini dapat menstimulus kemampuan literasi siswa,” harap Indiyanti, S.Sos.I, Kepala SD Ar-Rahman Islamic School yang berlokasi di Jl. Bukit Cinere Depok./Nur

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *