Menu
Berita Terbaru, Terkini, dan Terpopuler

Fornas Mazawa Gelar Konsolnas Perdana di UMJ

  • Bagikan

Edisi.id – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Manajemen Zakat dan Wakaf (Mazawa) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI-UMJ) menjadi tuan rumah Konsolidasi Nasional (Konsolnas) Ke-I Forum Nasional (Fornas) mahasiswa Mazawa. Acara yang digelar selama tiga hari, 19-21 November 2021 di Auditorium FKK UMJ ini mengambil tema “Manifestasi Mahasiswa Unggul dan Kreatif dalam Meningkatkan Literasi Zakat dan Wakaf”.

Turut hadir memberikan sambutan dalam pembukaan acara ini Rektor UMJ Dr Mamun Murod, Pimpinan BAZNAS RI Rizaludin Kurniawan, Wakil Menteri Agama RI Dr Zainut Tauhid, M. Si, dan Plt Wakil Walikota Jakarta Selatan Drs Isnawa Adji. Sementara itu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Ahmad Riza Patria, M.B.A memberikan sambutan via rekaman video yang dikirim kepada panitia.

Presidium Nasional Fornas Mazawa, M Chafidz Muchlisin dalam sambutannya menyampaikan, HMP Mazawa UMJ dipilih sebagai tuan rumah Konsolnas Fornas Ke-I karena letak geografis. “Dari 17 kampus, rencananya akan kita bagi jadi 3 wilayah dan sudah kita sesuaikan dengan wilayah masing -masing. Misalnya, yang paling terdekat UMJ dengan apa nih misal dari Surakarta,” tuturnya.

Ketua Pelaksana konsolidasi nasional, Putri Haeza dalam sambutannya tidak menyangka, acara ini bisa menarik antusiasme hadirin. Apalagi konsolidasi nasional Fornas Mazawa baru kali ini dilaksanakan dan HMP Mazawa UMJ yang menjadi tuan rumah. “Buat saya ini langkah pertama yang bisa menjadi pembelajaran dan pastinya ada banyak evaluasi. Semoga ke depan, bisa lebih baik lagi,” tambah Haeza.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Manajemen Zakat dan Wakaf (Mazawa) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Lucky Farel berharap semoga dengan diadakannya konsolnas Fornas Mazawa ini bisa menjalin sinergi dan kerjasama dengan lembaga- lembaga Zakat dan Wakaf yang di Indonesia.

Selanjutnya Rektor UMJ Dr Ma’mun Murod, Pimpinan BAZNAS RI Rizaludin Kurniawan, Wakil Walikota Jakarta Selatan secara bergantian memberikan sambutan. Baru kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video sambutan dari Wagub DKI. Dalam sambutannya, Wagub DKI Ariza Patria merasa senang dan bersyukur sekaligus mengapresiasi terlaksananya kegiatan konsolidasi ini.

“Saya ucapkan selamat dan sukses, tolong dimanfaatkan betul- betul waktu yang ada untuk menyamakan visi dan program guna mencapai cita-cita. Saya kira momentum ini penting dan bersejarah untuk menentukan arah gerak Fornas Mazawa kedepannya. Semoga kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar sehingga bisa bermanfaat bagi nusa dan bangsa,”harap Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, M. BA.

Setelah itu sambutan disampaikan oleh Wakil Menteri Agama RI, Dr Zainut Tauhid sekaligus membuka acara. Pembukaan acara ditandai dengan pukul gong oleh

Wakil Menteri Agama RI, Dr Zainut Tauhid

dengan didampingi oleh Rektor UMJ, Pimpinan BAZNAS, Wakil Walikota Jaksel, Ketua Fornas, Kaprodi MZW dan Ketua himpunan. Untuk diketahui dalam rentetan acara Konsolnas Fornas Mazawa ini, selain diisi dengan seminar yang dilakukan secara hybrid, juga digelar pemilihan ketua wilayah dari 17 perguruan tinggi yang tergabung dalam Fornas Mazawa ini.

  • Bagikan