Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis

  • Bagikan

Usamah bin zaid Radhiyallahu Anhu beliau menceritakan bahwasanya nabi Saw terbiasa puasa setiap Senin dan Kamis ketika di tanya alasannya,beliau bersabda yang artinya”Sesungguhnya amal para hamba dilaporkan (kepada Allah) setiap Senin dan Kamis.”(HR.Abu Daud).

Apakah Niat Puasa Senin dan Kamis Harus Dimulai Sejak Sebelum Subuh?

Mayoritas ulama Hanafiyah, Syafi’iyah dan Hambali berpendapat bahwa tidak disyaratkan,niat puasa Sunnah harus dihadirkan sebelum subuh.

Bolehkah Puasa Senin Saja Atau puasa Kamis Saja?

Para ulama menegaskan,puasa di dua hari ini bukan satu kesatuan.artinya,orang boleh puasa Senin saja atau Kamis saja.karena tidak ada perintah dari nabi Shalallahu alaihi wassalam bahwa dia hari itu harus dipasangkan, demikian pula tidak ada larangan dari beliau untuk puasa Senin saja atau Kamis saja (Dalil.Hr muslim).

Bolehkah Niat Puasa Senin Kamis Digabungkan Dengan Puasa Sunnah Yang Lain

Menggabungkan beberapa niat ibadah dalam satu amal,dikenal para ulama dengan istilah tasyrikunniyyah.Hukumnya,jika amal itu bisa digabungkan,maka dia boleh digabungkan.dan dia bisa mendapatkan dua ibadah.seperti orang yang mandi junub pada hari Jum’at,untuk mandi Jum’at dan sekaligus untuk menghilangkan hadas besarnya,maka status hadast besar junubnya hilang,dan dia juga mendapatkan pahala mandi Jumat.

Pahala Tetap Mengalir, Sekalipun tidak puasa

Ketika anda memiliki kebiasaan amalan Sunnah tertentu,baik bentuknya shalat,puasa atau amal Sunnah lainnya,dan anda tidak bisa melakukannya karena udzur sakit atau safar maka anda tetap akan mendapatkan pahala dari rutinitas amal Sunnah yang anda kerjakan (Dalil.Hr Bukhari).

Untuk itu carilah amal Sunnah yang ringan,yang memungkinkan untuk anda lakukan secara konsisten sampai akhir hayat selama fisik masih mampu menanggungnya.karena amal yang konsisten meskipun sedikit lebih dicintai oleh Allah.

  • Bagikan