Puasa dibulan Ramadhan Lemas? Ini Tips Agar Tidak Lemas Saat Berpuasa

  • Bagikan

Menurut riset para ahli, menahan 13 hingga 14 jam berpuasa selama sehari tanpa makan dan minum, tentunya menjadikan stamina tubuh menurun dan bahkan bisa hilang, apalagi kalau belum terbiasa, ketika masih awal puasa pastikan untuk membuat stamina tubuh kembali naik melalui beberapa tips berikut ini jika ingin hari-hari puasa anda menjadi segar dan bugar.

1 : cukupi kebutuhan air putih, bahkan ketika berpuasa minum air putih yang cukup selama sahur dan berbuka puasa untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan, sebab dehidrasi adalah kondisi yang berpengaruh pada terkurasnya tenaga, bahkan dehidrasi bakal menjadikan kewaspadaan kita menurun, atau bahkan makin susah untuk fokus pada kegiatan, minumlah 2 gelas saat sahur, 4 saat buka puasa, 1 gelas setelah tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur.

2 : menu makanan sahur serta berbuka sehat dan seimbang, sahur dan buka puasa biasanya dipenuhi dengan menu makanan yang super lengkap dan cenderung berlebihan serta tak sehat, sebenarnya perlu untuk menyiapkan menu sahur dan berbuka dengan makanan-makanan bernutrisi seimbang, jadi jangan hanya berfokus memperoleh karbohidrat atau lemak saja, penuhi kebutuhan protein sekitar 10 hingga 15 persen, lemak sekitar 20 hingga 30 persen, dan kabohidrat 50 hingga 60%, begitu juga dengan mineral vitamin dan serat dari buah-buahan serta sayur segar, dengan begitu tak hanya tubuh terhindar dari efek cepat lelah, stamina tubuh pasti meningkat, terjaga dengan baik dan stabil, setelahnya jaga pola makan seperti ini yang dijalani selama berpuasa

3 : berbuka puasa dengan makanan atau minuman manis, setelah berpuasa belasan jam, tak heran kalau stamina tubuh pun mengalami penurunan sebagai efek dari rendahnya kadar gula darah, sangking tak ada nutrisi yang masuk, itulah kenapa berbuka dengan yang manis-manis adalah yang paling tepat, karena tubuh siap mencerna sekaligus menyerap dan energi bisa kembali, makanan atau minuman manis yang dimaksud disini meliputi sirup,colak,kurma,kue,madu dan juga makanan atau minuman lainnya yang terasa manis

4 : mengonsumsi ikan baik itu waktu sahur ataupun berbuka puasa, ikan bisa selalu ada dalam menu karena sumber omega-3 ini tak hanya bagus untuk kesehatan otak dan jantung, tapi juga baik untuk peningkatan stamina yang hilang, sebagai alternatif konsumsilah minyak ikan, dimana jika rutin 21 hari berturut-turut meminumnya tubuh akan jauh lebih bertenaga.

5 : Tidur awal dan hindari begadang, berpuasa belasan jam menguras stamina dan energi kita, hal ini bisa terjadi lebih-lebih jika kita hanya memiliki waktu tidur yang sangat sedikit, dan malamnya begadang, karena harus bangun setiap pagi untuk sahur, tidurlah lebih awal agar waktu ideal dan kualitas hidup bisa terpenuhi.

  • Bagikan