oleh

Pentingnya Green Building di Papua Barat

Oleh: Enggar Larasati Cahya (Semester 4 Teknik Sipil UNIMUDA Sorong)

Green building merupakan bangunan yang dimulai sejak tahap perencanaan , pembangunan , pengoprasian hingga dalam oprasional pemeliharaannya sangat memperhatikan aspek-aspek melindungi dan menjaga mutu dari kualitas udara didalam ruangan. Bangunan hijau (Green building) ini didesain untuk mereduksi dampak lingkungan terbangun pada kesehatan manusia dan alam melalui efisiensi dalam penggunaan energi , air , sumber daya lain maupun perlindungan kesehatan penghuninya dan meningkatkan produktivitas pekerja.

Manfaat yang bisa dirasakan dari pengguna Green building sangat baik Contohnya , seperti dimasa pandemi. Udara yang keluar dari tumbuh-tumbuhan hijau disekitar bangunan dapat dihirup lebih leluasa oleh pengguna yang berada disekitar bangunan. Kenapa bisa Green building sangat berperan penting bagi penggunanya? Itu karena bangunan yang dibangun dengan konsep tersebut dapat memberikan oksigen yang lebih terhadap kualitas di lingkungan itu. Karena, konsep tersebut menyatu dengan alam mulai dari tahap perencanaan hingga oprasionalnya.

Dampaknya bagi bangunan dan penggunanya itu tentu pada keuangan dan pengeluaran bulanan yang lebih mudah , ringan , nyaman , dan dapat , memberikan kesejahteraan. Adapun dampak bagi lingkungan sosial itu karena baik untuk kesehatan dan dapat meminimalkan rasa stress. Selain bermanfaat untuk kesehatan , konsep bangunan hijau juga mempunyai manfaat untuk lingkungan sekitar.

Keuntungannya apabila kita menerapkan konsep Green building kita dapat meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja , membuat hidup lebih baik dan sehat , dapat menciptakan lingkungan bangunan yang hijau nan asri karena ditanami dengan tumbuh-tumbuhan hijau.

Adapun dampak negative dari Green building nilai jual bangunannya kadang mengalami kenaikan yang lebih signifikan. Ini terjadi seiring dengan kenaikan bahan-bahan properti. Namun, konsep green building memiliki biaya pemeliharaan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan bangunan modern lainnya.

Penerapan konsep green building sebenarnya bukan hanya tentang bagaimana menampilkan bangunan yang layak semata. Tetapi lebih dari itu , bangunan berkonsep green building memiliki tujuan dimasa depan untuk generasi selanjutnya. Meski belum banyak yang mengusung konsep tersebut namun, green building telah lebih dulu banyak diterapkan di beberapa daerah. Apalagi green building ini dapat mengurangi limbah air , dan melestarikan sumber daya alam. Karena statistic menunjukkan bahwa penggunaan air pada bangunan hijau 34% lebih sedikit limbahnya daripada sebuah bangunan standar dengan ukuran yang sama.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *