Menu
Berita Terbaru, Terkini, dan Terpopuler

DPAPMK Kota Depok Gelar Sekolah Ayah Bunda Bagi Kaum Disabilitas

  • Bagikan

Edisi.id – Program Sekolah Ayah Bunda 2021 kembali dibuka oleh Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok bersama Perkumpulan Penyandang Disabilitas Kota Depok dengan tema Ayah Bunda Berdaya Anak Bahagia.

Kegiatan ini di buka oleh Sekretaris Dinas Perlindungan Anak, (DPAPMK) Kota Depok Widyati, serta di dampingi Kabid Ketahanan Keluarga dan keluarga berancana Dg. May Haryanti, Kamis (11/11/2021).

Sekretaris DPAPMK kota Depok Widyati mengatakan “Kegiatan ini pesertanya sudah melewati tahap seleksi. Dan diikuti oleh 25 pasangan suami istri khusus Disabilitas. Peserta ini merupakan angkatan kedelapan. Namun secara umum, sebelumnya kegiatan yang serupa ini sudah pernah dilaksanakan pada tahun 2018. Dan alhamdulillah, berjalan lancar.” Ujarnya.

Dinsos Lakukan Pencarian Terhadap Tiga Anak Terlantar yang Kabur dari Panti

Widyati menjelaskan, Pemerintah Kota Depok melalui kegiatan inovasi Sekolah Ayah Bunda yang dimiliki DPAPMK berusaha mendorong dan membantu kepada ayah bunda di Kota Depok membangun pendidikan dalam keluarga.

Menurutnya, hal ini sebagai sarana meningkatkan kapasitas ayah bunda dalam berbagai bidang, seperti, keterampilan, manajemen pemberdayaan keluarga, ekonomi, kesehatan gizi keluarga, dan lain sebagainya.

“Kegiatan ini di isi oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya seperti psikolog dan dokter yang berlangsung selama dua hari, dari tanggal 11-12 bulan ini. Dan di akhir kegiatan, peserta akan menyelenggarakan wisuda sebagai wujud apresiasi karena telah mengikuti Sekolah Ayah Bunda dengan sungguh-sungguh,” jelasnya.

Widyati Menuturkan, Ayah Bunda bagi kaum disabilitas dapat menciptakan suasana yang dapat membina serta mengembangkan kreativitas didalam rumah. Nantinya bisa bersikap terbuka dan menerima gagasan yang disampaikan anak, sekalipun orang tua tidak menyetujuinya.

Sementara hal ini akan menimbulkan perasaan dihargai dalam diri anak, serta mendorong keberanian untuk menciptakan kreativitas anak. Tak hanya itu mereka juga diberikan tips menjaga hubungan dengan komunikasi yang baik. Menciptakan keluarga yang harmonis dalam upaya dukungan Kota Depok menjadi Kota Ramah Keluarga.

“Mudah-mudahan peserta terpilih ini bisa melaksanakan kegiatan dengan sungguh-sungguh. Kami juga berharap setelah diwisuda, mereka bisa menyampaikan pengetahuan yang diperoleh kepada orang lain demi mewujudkan keluarga yang berkualitas,” tutup Widy.

  • Bagikan