Menu
Berita Terbaru, Terkini, dan Terpopuler

Hindari 5 Makanan Terjadinya Kelenjar Getah Bening Membengkak

  • Bagikan

Edisi.id- Tubuh manusia memiliki ratusan kelenjar getah bening. Pembengkakan kelenjar getah bening yang umum terjadi di bawah rahang, leher, belakang telinga, bawah ketiak, dan selangkangan.

 

Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem limfatik yang berfungsi untuk mengumpulkan dan menyaring cairan di darah. Kelenjar getah bening juga bagian dari sistem imun dalam melawan infeksi dan penyakit.

Pembengkakan kelenjar getah bening bisa terjadi karena sejumlah alasan termasuk makanan. Terdapat sejumlah makanan penyebab kelenjar getah bening membengkak.

 

Berikut makanan penyebab kelenjar getah bening membengkak:

1 Kafein

Terlalu banyak konsumsi kopi dapat menghalangi drainase limfatik. Minum kopi dalam jumlah yang berlebih juga dapat membuat seseorang mengalami dehidrasi dan memicu infeksi.

2 Gula tambahan

Hindari konsumsi makanan penyebab kelenjar getah bening membengkak ini. Sebaiknya konsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang dan banyak makan buah dan sayur.

Asupan gula tambahan pada makanan dapat berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh dan memicu pembengkakan kelenjar getah bening.

3 Makanan olahan

Konsumsi makanan olahan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh sehingga memicu infeksi dan inflamasi. Kondisi ini dapat berujung pada pembengkakan kelenjar getah bening. Hindari makanan yang sudah melewati proses pengolahan seperti sosis, hot dog, makanan cepat saji dan sebagainya.

4 Makanan yang digoreng

Kurangi pula konsumsi makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng tinggi lemak yang tidak sehat dan dapat meningkatkan kolesterol. Asupan makanan yang digoreng dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Nah yang terakhir,

5 Daging merah

Konsumsi daging merah seperti daging sapi, kambing, domba, dan babi juga harus dikurangi. Makanan ini dapat menyebabkan peradangan dan mengganggu mikrobioma usus.

 

 

  • Bagikan