Menu
Berita Terbaru, Terkini, dan Terpopuler

Moeldoko Hadiri CMO Gathering pada Perayaan HUT Hermawan Kartajaya ke-74, Bahas Pola Belanja Masyarakat hingga Potensi Digitalisasi Indonesia

  • Bagikan
Potret Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI menyapa Moeldoko Ginting secara virtual pada gelaran CMO Gathering, Kamis 18 November 2021

Edisi.id- Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko Ginting, S.I.P selaku Kepala Staf Kepresidenan Indonesia turut menghadiri The 85th Jakarta CMO Club Gathering secara virtual, yang merupakan salah satu agenda dari perayaan HUT ke-74 Hermawan Kartajaya, Founder dan Chairman MarkPlus Inc., di Tanjung Lesung, Banten.

Dalam sambutannya Moeldoko menyampaikan soal bagaimana pandemi berdampak pada pola kebiasaan belanja masyarakat, “Peluang digitalisasi didukung oleh tren pengguna e-commerce sebesar 138,1 juta. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat hingga 2025 mencapai 201 juta. Ini harus disikapi dengan baik” ujarnya.

Lebih lanjut Moeldoko menyatakan “Infrastruktur logistik dan infrastruktur pembayaran cashless harus siap. Jika pemerintah juga siap, diperkirakan 1,6 miliar paket akan dikirim per tahunnya di Indonesia yang bukan tidak mungkin target ini sudah terlampaui di masa pandemi.”

Untuk mencapai target tersebut sesuai dengan arahan presiden pada Peluncuran Program Konektivitas Digital 26 Februari lalu, Moeldoko menilai pentingnya pembangunan kapasitas SDM di bidang STEM (Science, Technology, Engineering dan Math).

“Talenta Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang besar, namun terbatas untuk memenuhi talenta teknis. Salah satu alasannya karena lulusan STEM terbatas daripada rata-rata di negara lain atau secara global. Rasio lulusan STEM hanya 1 untuk 1000 masyarakat. Sementara di Tiongkok 3:4 bahkan di India 3:1.”

Pihaknya kemudian menyampaikan upaya pemerintah menanggapi hal ini adalah dengan membentuk program Manajemen Talenta Nasional. Melalui program ini, generasi Indonesia diarahkan dari dini agar talenta di bidang STEM bisa lebih diasah kemampuannya.

Menutup sesi pidatonya, Moeldoko berharap CMO Gathering dapat berperan nyata pada pemasaran produk dan jasa khususnya Indonesia agar bisa memasuki ranah global secara lebih efektif.

Selain Moeldoko, hadir pula H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. selaku ketua MPR RI, Setyono D. Darmono selaku Komisaris Utama Jababeka, Nanan Sukarna selaku Willys Owner Indonesia, dan Sigit H. Samsu selaku Presiden Indonesia Flying Club di Acara HK 74 bertemakan Entrepreneurial Marketing diselenggarakan selama 3 (hari) bersama dengan tim MarkPlus Inc dan beberapa pihak terkait lainnya. Hermawan Kartajaya berharap akan terus melebarkan sayap guna berkiprah dan berguna bagi masyarakat sekitar di seluruh Indonesia.

  • Bagikan