Menu
Berita Terbaru, Terkini, dan Terpopuler

Tips Mudah Cara Mencuci Jas Hujan, Hindari Pakai Sabun dan Dijemur di Terik Matahari

  • Bagikan

Edisi.id – Saat ini Indonesia sedang memasuki musim penghujan. Selain sedia payung sebelum hujan, salah satu perlengkapan yang tak kalah penting dibawa ketika musim hujan adalah jas hujan. Agar awet, Anda perlu tahu cara mencuci jas hujan yang benar.

Jas hujan merupakan perlengkapan penting yang harus dibawa pengendara motor. Ini sangat dibutuhkan terutama di musim hujan

Cipratan air yang kotor membuat jas hujan harus dibersihkan atau dicuci setelah pemakaian agar nyaman saat digunakan kembali. Jika tidak merawatnya dengan benar, jas hujan akan lembab, lengket, bahkan sobek.

Berikut ini cara mencuci jas hujan yang benar dan awet :

1. Jangan menggunakan sabun

Ada baiknya hindari mencuci menggunakan deterjen atau sabun. Cara tersebut banyak dilakukan pemilik kendaraan. Ini karema kandungan kimia yang ada pada deterjen dapat merusak bahan jas ujan.

2. Lap gunakan kanebo

Saat mencuci jas ujan setelah dibilas air lap menggunakan kanebo atau kain microfiber. Pastikan tidak ada air yang terperangkap pada sela-sela jas ujan yang dapat menyebabkan lembab dan bau apek.

3. Hindari mengeringkan jas hujan di bawah terik matahari

Langkah selanjutnya mengeringkan di tempat teduh. Hindari mengeringkan pada terik matahari langsung. Sebab jas ujan dapat berpotensi kering sehingga rentan robek saat digunakan kembali.

4. Lipat dan simpan dengan benar

Ketika sudah dipastikan kering lipat dan simpan kas hujan di tempat yang benar. Hindari menyimpan dalam suhu lembab. Ini untuk menjaga jas ujan bebas dari bau apek dan jamur.

  • Bagikan