3 Cara  Alami Atasi Batuk Berdahak, Simak Selengkapnya

  • Bagikan

Edisi.id – Untuk yang mengalami batuk berdahak biasanya mengobatinya dengan obat-obatan di jual bebas di pasaran namun, ternyata bisa juga dengan obat herbal yang tidak terlalu efek sampingnya.

Hal itu dikutip dari kanal Youtube Resep Alami yang menyebutkan cara membuat obat herbal untuk atasi batuk berdahak, sebagai berikut:

1. Cengkeh

Cengkeh merupakan jenis bahan yang dapat menjadi obat ampuh dari dulu hingga sekarang untuk mengatasi batuk berdahak.

IPeKB Jawa Barat Siap Bersinergi Dalam Percepatan Penurunan Stunting

Selain itu cengkeh memiliki kandungan senyawa aktif yang bisa menyembuhkan banyak penyakit dan Kandungan eugenol, vanilin tanin, asam galat dan kalsium oksalat yang dimiliki cengkeh.

Rasa sakit yang diakibatkan batuk terus-menerus akan perlahan hilang dengan kandungan yang dimiliki cengkeh.

Sifat analgesik dan anti bakteri, dan sifat antimikroba dalam cengkeh akan membantu menghilangkan penyakit.

Mikroorganisme yang dapat mengiritasi tenggorokan akan hilang oleh cengkeh yang memiliki karena sifat analgesik dan anti bakteri.

Cengkeh juga akan membantu saluran pernapasan karena memiliki minyak esensial yang bergerak sebagai ekspektoran.

2. Bunga lawang

Jenisnya yang wangi membuat masakan sedap, bungalawang juga mempunyai banyak manfaat memiliki zat asam sikimat dan antioksidan quercetin untuk pengobatan flu dan singkirkan batuk berdahak.

Bunga lawang juga mempunyai kandungan serat, vitamin C dan minyak esensial linau yang menjadi penyebab bungalawang dapat atasi batuk, obat flu, memperkuat sistem imun dan kekebalan tubuh.

3. Madu

Sebuah studi menjelaskan madu bisa membantu meredakan batuk bahkan terbukti lebih efektif dibandingkan dengan obat-obatan yang dijual bebas.

Karena sifat antimikroba dan senyawa hidrogen peroksida yang dimiliki madu yang menjadikan lebih efektif membunuh bakteri. Sifat yang kental dan lengket membawa efek menenangkan pada tenggorokan.

Setelah bahan bahan yang cocok untuk mengatasi batuk berdahak maka sudah diketahui cara membuat obat herbal diantaranya siapkan ketiga bahan tersebut.

Kemudian ambil 3 biji bunga lawang, satu sendok cengkeh lalu cuci bersih keduanya dengan air dan masukkan kedalam gelas.

Tuangkan air panas yang mendidih sekitar 200 ml ke dalam gelas untuk membersihkan lendir sebagai anti bakteri dan parasit lalu diamkan selama 15-20 menit.

Agar obat herbal terasa manis tuangkan madu secukupnya saja, kemudian aduk sampai merata.

Obat herbalpun jadi dan anda bisa meminumnya selagi masih hangat, usahakan rutin minimal dua kali sehari.

  • Bagikan