2 Anggota PWI Kota Depok Ikuti Pelatiha Barista, Kegiatan TJSL PLN UIP2B JAMALI Bina UMKM

  • Bagikan

Edisi.id- Depok, Dalam rangka rangkaian kegiatan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN Peduli dari PLN Unit Induk Pusat Pengatur Beban (UIP2B) Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) untuk pembinaan UMKM Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok untuk pembuatan Warung Ngopi PWI dan Pelatihan Barista.

Pelaksanaan Pelatihan Barista untuk kalangan wartawan PWI Kota Depok berlangsung selama dua hari pada Senin-Selasa 23-24 Mei 2022, pukul 10.00 WIB-16.00 WIB. Adapun Pelatihan Barista dilatih dari Tim Komunitas Pasar Kopi Kota Depok. Pembukaan Pelatihan Barista dihadiri Assistant Manager (Asman) TJSL dan komunikasi PLN UIP2B JAMALI, Elvira Rosalina.

Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah menyambut positif kemitraan PLN UIP2B JAMALI membantu pembinaan UMKM di Sekretariat PWI Kota Depok dengan memberi bantuan pembuatan Warung Kopi dan Pelatihan Barista. “Ini kemitraan yang positif dan mungkin yang pertama di Indonesia, perhatian yang cukup besar terhadap wartawan di PWI dari instansi atau perusahaan, dalam hal ini kepedulian PLN UIP2B JAMALI menjalin kemitraan yang positif dengan para wartawan di PWI Kota Depok,” ujar Rusdy di Kantor PWI Kota Depok, Senin (23/05/2022).

Salah seorang peserta wartawan Infobanua, Wahyudin mengaku senang dapat berpartisipasi mengikuti Pelatihan Barista yang digelar untuk anggota PWI Kota Depok. “Alhamdulillah dapat lmu baru dan tentu akan saya terapkan dan tularkan ke teman-teman wartawan di PWI Kota Depok. Saya juga berencana akan mencoba menerapkan ilmu pembuatan Barista dengan membuka usaha,” tuturnya.

Assistant Manager (Asman) TJSL dan komunikasi
PLN UIP2B JAMALI, Elvira Rosalina mengatakan, melihat kondisi perekonomian di masa pandemi Covid-19 dan era digitalisasi, PT PLN (Persero) UIP2B JAMALI bersama dengan PWI bantu UMKM untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Sebagai bentuk rasa tanggung jawab dan kepedulian perusahaan terhadap perekonomian masyarakat, PLN UIP2B JAMALI memberikan bantuan kepada UMKM Warung Kopi yang dibina oleh PWI selama ini sudah berjalan sejak tahun 2012. Kondisi Warung Kopi saat ini sebatas warung sederhana yang terbuat dari triplek sebagai pondasi bangunannya. Warung kopi ini terletak di Jalan Melati Raya No 3, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok,” jelasnya.

Melihat kondisi Warung Kopi saati ini, PLN UIP2B JAMALI memberikan bantuan berupa modernisasi alat seperti, gerobak listrik, mesin pembuat kopi, dan alat lain yang digunakan untuk kemudahan pengguna dalam memproduksi. Selain modernisasi alat, PLN UIP2B JAMALI juga melihat bahwa dari sisi kemampuan dan pengetahuan dalam meracik kopi harus ditingkatkan. “Karena hal tersebut maka PLN UIP2B JAMALI memberikan pelatihan kepada percaik kopi atau yang sering disebut barista dengan harapan agar dapat memproduksi kopi dengan banyak varian dan keunikan,” terang Elvira.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum di PLN UIP2B JAMALI, Sindu Prastowo menjelaskan, secara konsisten memberikan dukungan terhadap potensi kemandirian ekonomi melalui program UMKM yang berkemabang untuk terciptanya pertumbuhan ekonomi di masyarakat.

“Tentunya kami dalam hal ini sangat mendukung UMKM Warung Kopi dengan harapan akan berkembang dan memiliki cabang sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang luas,” tegasnya.

Dengan berkembangnya Warung Kopi ini, PLN UIP2B JAMALI mengharapkan adanya penambahan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. “Sehingga kami harapkan adanya peningkatan UMKM binaan PWI Kota Depok dan dapat menyerap tanaga kerja dapat terealisasi secara maksimal,” harap Sindu.

(Diana Hanny)

  • Bagikan