Jakarta Safety Run Tutup Rangkaian Bulan K3 DKI Jakarta

  • Bagikan

Edisi.Id – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi) Provinsi DKI Jakarta menggelar Jakarta Safety Run sebagai penutup rangkaian kegiatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 di halaman Gedung Kantor PT Smartfren, Tbk di Jalan Haji Agus Salim, Jakarta Pusat, Minggu (3/3).

Kegiatan ini diikuti sebanyak diikuti 500 peserta terdiri dari ASN Pemprov DKI Jakarta dan para pekerja sejumlah perusahaan. Rute yang dipilih untuk peserta Jakarta Safety Run yakni melalui Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day sepanjang Jalan MH Thamrin sejauh lima kilometer.

Direktur Bina Kelembagaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kementerian Tenaga Kerja, Heri Sutanto memberikan apresiasi kepada Dinas Nakertransgi DKI Jakarta atas pelaksanaan rangkaian Bulan K3 yang diisi dengan berbagai kegiatan meriah.

“Sekali lagi ikut bangga dengan K3 Safety Run ini sebab di daerah lain biasanya cuma pemeriksaan kesehatan. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini para pekerja lebih membudayakan K3 dengan jiwa yang sehat. Kita harap tingkat kecelakaan menurun dan sehingga K3 lebih baik lagi,” ungkap Heri.

Kepala Disnakertransgi DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, Jakarta Safety Run menutup Bulan K3 Provinsi DKI Jakarta tahun 2024 yang mengusung tema ‘Sukses Jakarta untuk Indonesia Menuju Kota Global yang Berbudaya K3.

Hari menjelaskan, pihaknya bersinergi dengan lebih dari 20 perusahaan dalam penyelenggaraan rangkaian Bulan K3 DKI Jakarta tahun ini.

“Tentunya lari ini olahraga yang memang paling gampang sekali dilakukan dan digemari banyak orang untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Dengan berlari itu tubuh kita menjadi sehat, kalau sudah sehat kita kerja juga bugar. maka itu kita pilih ini untuk menutup puncak Bulan K3,” ungkap Hari.

Hari menjelaskan, kegiatan Bulan K3 Provinsi DKI Jakarta merupakan komitmen dari Pemprov DKI Jakarta dalam melaksanakan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di wilayah Jakarta.

“Bulan K3 mengandung makna bahwa kita bekerja itu tidak hanya bekerja tapi harus mengutamakan keselamatan kerja, itu penting. Kita punya tujuan zero accident atau nol kecekaan. Kemenaker dan Pemprov DKI Jakarta juga menyampaikan pentingnya K3 itu bagi pekerja baik perusahaan dan pemerintahan,” ucap Hari.

Untuk diketahui, pada tahun ini Panitia Bulan K3 Provinsi DKI Jakarta yang terbentuk dari unsur Pemerintah, Pengusaha, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan dan PT. Bumida dan lembaga lainnya telah melaksanakan beberapa kegiatan yang bersifat strategis, promotif, dan implementatif di antaranya:

1. Pemasangan spanduk dan umbul-umbul

2. Apel Bulan K3

3. Pemeriksaan Kesehatan Pekerja

4. Penilaian Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja, Bhakti Sosial

5. Penilaian Penghargaan Pencegahan dan Pengendalian HIV/AIDS (P2HIV/AIDS) di tempat kerja

6. Gowes

7. Kejuaraan Voli

8. Kejuaraan Futsal

9. Kejuaraan Tenis

10. Bakti Sosial

11. Jakarta Safety Run 2024.

“Dengan adanya kegiatan-kegiatan ini, diharapkan peran serta pengusaha dan pekerja dalam penerapan K3 di tempat kerja dapat meningkat sehingga tercapai Provinsi DKI Jakarta menuju Jakarta Global City yang Berbudaya K3,” tandas Hari.

  • Bagikan