Bukan Sekadar Layanan Bersalin Gratis, RBC Juga Punya Program Belajar Al-Quran di Ramadan Bagi Member

  • Bagikan

Edisi.co.id – Salah satu fasilitas kesehatan dan persalinan gratis di Bandung, yakni Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC) miliki program khusus di Ramadan ini. Program tersebut dinamai BBQ atau Bareng-bareng Belajar Qur’an”.

Sebagai informasi, RBC memiliki dua “cabang”. Pertama di Jalan Holis No.448-A, Caringin, Kecamatan Bandung Kulon, dan yang kedua di Jalan Raya Soreang km 17, Pamekaran, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Selama 19 tahun RBC beroperasi, salah satu ‘entitas program’ lembaga filantropi Sinergi Foundation ini, bergerak berkat dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf.

Khusus untuk Ramadan, RBC dengan program BBQ-nya ini telah berjalan sejak 2016. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan kualitas member dari sisi keagamaannya.

“Di bulan Ramadan ini yang secara suasana keagamaan sangat mendukung, maka adanya BBQ ingin belajar bareng sama member soal bacaan Al-Quran yang baik dan benar,” kata koordinator BBQ, Tita Yulia saat ditemui pasca pembukaan acara BBQ, Selasa (19/3) di RBC.

Program BBQ ini juga berupaya menjadi solusi di tengah 40 hingga 50 persen membernya. Maka momentum Ramadan dinilai pas sebagai upaya meningkatkan member berinteraksi dengan Al-Qur’an.

“Berharap adanya peningkatan ruhiyah dengan ciri meningkatnya interaksi member dengan Al-Qur’an dan membiasakan member untuk membaca Al-Qur’an setiap hari walaupun hanya selembar,” tambahnya.

Member yang dimaksud adalah pasien yang sudah terverifikasi kondisinya sesuai dengan 8 asnaf penerima zakat dan berhak mendapatkan layanan gratis sejak masa kehamilan hingga anak usia 2 tahun.

Saat pelaksaannya, member bukan hanya belajar Al-Qur’an. Tapi juga diberi materi fikih dan kajian hadis arbain. Agar lebih kondusif dan efektif, member dibagi pada 5 kelompok yang masing-masingnya didampingi mentor dari RBC.

Antusiasme dari member terlihat di hari pertama BBQ. Salah satu pesertanya adalah Fatimah. Ia mengaku senang ikuti BBQ sebab pengemasan acara dibuat ceria dan asyik.

“Alhamdulillah Bahagia bisa ikut sanlat di RBC, saya bisa dapet temen-temen baru yang asyik dan ceria, saya dapat motivasi baru dari bidan dan mentor yang mengisi sanlatnya,” kesan Fatimah.

Fatimah mengapresiasi program BBQ digelar saat Ramadan. Dirinya akan menjadikan bulan suci ini sebagai momen pembelajaran.

“Mumpung bulan Ramadhan saya bisa belajar bareng di RBC, saya seneng jadi member RBC, saya jadi bisa kajian bareng member lainnya,” beber Fatimah.

Meski begitu, pihak RBC masih membatasi peserta sebab masih terbatas dari sisi sarana dan prasarana. Alhasil tidak semua member bisa mengikuti BBQ.

“Alhamdulillah mereka antusias meskipun peserta kita batasi terkait sarana dan prasarana,” tutup Tita.

  • Bagikan