Peran Teknologi Terhadap Strategi Komunikasi Organisasi

  • Bagikan

Edisi.id – Teknologi merupakan sesuatu yang tidak dapat kita cegah. Seiring dengan berkembangnya jaman maka teknologi juga ikut berkembang dan berubah. Perkembangan dan perubahan ini merupakan dampak dari hadirnya teknologi di tengah masyarakat.

Semakin canggih teknologi maka kita dituntut untuk bisa menguasainya.

Sebab jika saat ini anda tertinggal oleh teknologi komunikasi maka anda juga pasti akan ketinggalan zaman sebagaimana tujuan media dalam komunikasi massa.

Sebut saja para pengguna teknologi komunikasi dalam organisasi bukan lagi melakukan budaya lama dalam berinteraksi seperti surat menyurat atau saling berkirim telegram.

Dimana waktu yang dibutuhkan untuk saling berkomunikasi menjadi lama sebagaimana macam-macam komunikasi kelompok.

Jika dahulu para pelaku organisasi menggunakan surat-surat membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menunggu balasan.

Kini, pengguna teknologi dalam organisasi berkomunikasi dengan seseorang yang jauh hanya membutuhkan waktu yang sebentar seperti lewat sambungan telepon.

Tentu berkat perkembangan pesat teknologi komunikasi seiring dengan berjalannya waktu.

Saat ini, orang-orang bahkan bisa langsung saling menyapa dengan bertatap muka melalui teknologi video call.

Lalu seberapa besarkah pengaruh pengguna teknologi komunikasi dalam organisasi?

Ya, tentu dampaknya sangat besar dan menyeluruh kepada pengguna teknologi komunikasi dalam berorganisasi.

Perkembangan teknologi komunikasi sangat memungkinkan kita dalam menggunakan berbagai macam media untuk menyampaikan pesan.

Salah satu media baru yang banyak yang digunakan manusia adalah internet. Internet merupakan jaringan longgar dari ribuan jaringan komputer yang menjangkau jutaan orang dari seluruh dunia.

Internet sebagai jaringan global dari komputer – komputer yang saling berhubungan dengan ribuan komputer manapun.

Jika jaringan tersebut juga tersambung dengan berbagai jaringan, maka media internet sangat besar manfaatnya dan tidak berlebihan jika disebut cyberspace komunikasi dan informasi baru dari masyarakat.

Penggunaan teknologi komunikasi dalam komunikasi organisasi sangat cepat dan memberikan dampak terhadap peradaban manusia.

Teknologi komunikasi sangat terbuka dan masuk dalam semua aspek kehidupan manusia terutama kepada organisasi.

Penyebaran ilmu pengetahuan dan berbagai informasi tidak bisa lagi di bendung.

Begitu mudah menyebar ke seluruh penjuru dunia tanpa ada batasan jarak, waktu, dan ruang.

Perkembangan teknologi komunikasi itu diantaranya adalah kehadiran internet dengan berbagai aplikasi yang menandai telah terwujudnya pergaulan dan komunikasi masyarakat dunia.

Penggabungan teknologi komputer dan teknologi komunikasi telah menghasilkan inovasi dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi organisasi.

Perkembangan teknologi sangat cepat dan memberikan dampak dalam peradaban manusia.

Teknologi komunikasi sangat terbuka dan masuk dalam semua aspek aktifitas kehidupan manusia terutama kepada organisasi.

Foto: Pexels

Perkembangan teknologi komunikasi itu diantaranya adalah kehadiran internet dengan berbagai aplikasi yang menandai telah terwujudnya pergaulan dan komunikasi sesama masyarakat.

Penggabungan teknologi komputer dan komunikasi telah menghasilkan inovasi dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi organisasi.

Adapun teknologi informasi saat ini yang digunakan untuk komunikasi organisasi antara lain seperti:

a. E-Mail (Electronic Mail)

Sarana yang digunakan untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jaringan komputer dan internet.

Pesan digital atau surat elektronik dapat dibuat dan dikirim ke alamat email lainnya dengan menggunakan komputer/laptop, dan gadget lainnya.

b. Media Sosial

Media sosial banyak digunakan untuk komunikasi organisasi diantaranya adalah Facebook, Twitter, Instagram, Whatssap, dan Youtube.

Media sosial tersebut digunakan untuk menyampaikan Informasi baik berupa teks, gambar maupun video.

c. Group Percakapan (Chat Group)

Sarana teknologi Informasi yang banyak digunakan karena pemakaiannya sangat mudah. Aplikasi chat group ini digunakan untuk koordinasi antar karyawan secara intensif.

d. Pertemuan Virtual

Untuk melakukan pertemuan secara virtual menggunakan aplikasi yang banyak digunakan di era kemajuan teknologi ini adalah, Zoom dan Google Meeting.

Komunikasi sangat penting dalam setiap organisasi sehingga harus dijunjung tinggi untuk mencapai keberhasilan organisasi secara keseluruhan.

Manajemen tiap organisasi harus menerapkan pedoman dan prosedur yang memastikan komunikasi dilakukan secara efektif.

Komunikasi yang tepat membantu dalam koordinasi berbagai kegiatan dan meningkatkan hubungan interpersonal di antara orang-orang yang bekerja dalam suatu organisasi.

Dengan tingkat yang beragam dalam suatu organisasi, sulit untuk memilih satu cara komunikasi tertentu.

Oleh karena itu, berbagai cara komunikasi digunakan untuk memastikan bahwa komunikasi diteruskan dari satu orang ke orang lain dengan cara yang paling tepat dan tepat waktu.

Tiap bentuk komunikasi memiliki pro dan kontra sehingga diperlukan banyak kesabaran untuk memastikan efisiensi.

Pada masa pandemi, komunikasi organisasi mengalami hambatan karena antar pimpinan, bawahan dan sesama anggota tidak bisa berkomunikasi secara langsung.

Oleh karena itu, teknologi informasi sangat berperan penting dalam membantu kelangsungan komunikasi organisasi. ***

(Kaila Balqis Alhaura)

  • Bagikan