DELAPAN PERWIRA TINGGI TERIMA BREVET KEHORMATAN KOPASKA TNI AL

  • Bagikan

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali memimpin penyematan Brevet Kehormatan Komando Pasukan Katak (Kopaska), kepada delapan orang Perwira Tinggi TNI AL, bertempat di Pusat Komando Pasukan Katak (Puskopaska), Surabaya, Minggu (25/02).

Delapan Perwira Tinggi TNI AL tersebut yaitu, Asisten Perencanaan (Asrena) Kasal Laksamana Muda TNI Edwin, Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, Asisten Personel (Aspers) Kasal Laksamana Muda TNI P. Rahmad Wahyudi, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono, Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Hersan, Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) Laksamana Muda TNI Sisyani Jaffar, PA.Sahli TK. III Bidang Banusia Panglima TNI Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, dan PA.Sahli TK. III Bidang Polkamnas Panglima TNI Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo.

”Penyematan ini merupakan bentuk penghargaan tertinggi dari Kopaska TNI AL terhadap personel, yang dinilai telah memberikan dharma bhakti dan sumbangsih berupa pikiran, tenaga, dukungan, untuk perkembangan dan kemajuan Kopaska TNI AL. Selain itu ini juga diadakan dalam rangka menyambut HUT Ke-62 Kopaska”, kata Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali.

Dalam kesempatan ini Kasal juga berharap, Kopaska sebagai pasukan elit TNI AL akan semakin disegani baik oleh kawan maupun lawan. “Kita tahu bahwa pasukan khusus TNI AL baik itu Kopaska, Taifib dan Denjaka saat ini telah bertaraf Internasional, World Class Navy”, tandas Kasal.

Bukan saja di Surabaya, dalam menyambut HUT Kopaska tahun ini, kegiatan akan digelar di sejumlah kota seperti di Jakarta yang akan menggelar Fun Bike, Fun Walk dan Fun Run yang dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2024 mendatang. Selain itu juga digelar Ziarah Tabur Bunga, Sarasehan Pembangunan Postur Kopaska, Bakti Sosial Masyarakat Pesisir, serta Doa Bersama. Sedangkan di Sorong Papua dilaksanakan lomba menembak pistol, serta juga pelaksanaan Bakti Sosial Kepada masyarakat pesisir.

Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) adalah salah satu komponen penting sebagai pasukan elit TNI AL yang mempunyai spesialisasi khusus, yaitu Peperangan Laut Khusus. Kopaska TNI AL didirikan oleh Presiden Soekarno pada 31 Maret 1962. Dimana semboyan Kopaska adalah “Tan Hana Wighna Tan Sirna” yang artinya “Tidak ada rintangan yang tidak dapat diatasi”.

Kopaska sebagai pasukan khusus TNI AL tak hanya dituntut masalah intelegensi pada saat penyerangan, penyerbuan dan pertempuran. Tapi juga memiliki kemampuan jasmani yang prima agar mampu menghancurkan musuh secara cepat dan tepat.

  • Bagikan