banner 728x250

Puluhan Aktivis Lingkungan Babat Eceng Gondok di Setu Pengarengan Depok.

  • Bagikan
banner 468x60

Pquluhan Aktivis Lingkungan Babat Eceng Gondok di Setu Pengarengan Depok.

banner 336x280

Edisi.Id,Depok- Puluhan aktivis lingkungan dalam mempe
ringati hari Hari Lingkungan sedunia melakukan bersih-bersih Eceng Gondok di situ Pengarengan Cisalak Depok hari Minggu (06/06/2021).

Kegiatan pembersihan Aceng Gondok di luas areal sekitar 10 sampai dengan 15 hektar yang menjadi target mereka.

Puluhan aktivis yang terga bung dalam Pokdarwis Setu Pengaringan bekerja sama dengan Acsena Humanis Respon Foundation, Mat Peci ( Masyarakat Pencinta Ciliwung), serta Forum Peduli Setu me
lakukan secara bertahap.

Ketua Pokdarwis Setu Pengarengan Danirl Palupessy menjelaskan kegiatan ini didasari oleh semakin berkembangnya tumbuhan eceng gondok di setu tersebut, yang semakin meluas serta hampir menutupi areal Setu Pengalengan.

Dirinya berharap dampak kegiatan bersih-bersih ini dapat memperindah dan mempercantik Setu Pengarengan yang diharapkan dapat menjadi satu destinasi baru bagi masyarakat di Kota Depok dan sekitarnya.

“Kami sangat salut dengan aktivitas puluhan relawan lingkungan hidup yang membantu kegiatan bersih-bersih di lingkungan situ pengarengan” ujarnya.

ketua Umum Mat Peci  Usman Firdaus
Sementara itu Ketua Umum Mat Peci (Masyarakat Peduli Ciliwung) Usman Firdaus kepada wartawan mengatakan, lebatnya tumbuhan eceng gondok di Setu Pengarengan memang luar biasa dan jika tidak segera dibersihkan akan menghambat Sirkulasi air setempat.

“Kami berharap kegiatan yang positif ini dapat respon dari Pemerintah Kota Depok.”
ujarnya.

Disebutkan, di Depok ada sekitar 25 Setu yang menjadi sumber resapan serta kantong air bagi masyarakat Depok dan sekitarnya , 3 diantaranya telah hilang,” Untuk itu kita wajib menjaga dan merawat Setu yang ada, agar tidak terjadi pendangkalan dan penyempitan.” tambahnya.

” Ada ada tiga pendekatan yang baik untuk menopang dan mendukung resapan air di wilayah Setu, yakni menjaga, merawat serta meningkatkan kesadaran warga masyarakat untuk menjaga lingkungan di situ tersebut.”ujarnya.

Dikatakan, peningkatan Sumber Dayaan Masyarakat di sekitar Setu sangatlah penting dengan pendekatan tersebut, pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar serta ketahanan ekonomi mereka.

Oleh karena itu pentingnya edukasi literasi kepada masyarakat dengan tiga stimulasi tetsebut, ujarnya.

Usman Firdaus menjelaskan, pembabatan eceng gondok oleh komunitas dilakukan secara bertahap sehingga keberadaan eceng gondok di situ Pangalengan bersih dan kita berharap kegiatan ini juga dapat memotivasi masyarakat lainnya untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan aktivis lingkungan.(wismo).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *