banner 728x250

Benarkah Masalah Sampah Plastik Akan Selesai Setelah Kita Membuang Sampah Pada Tempatnya?

  • Bagikan
banner 468x60

Edisi.id– Dari 100% sampah yang dihasilkan, 60% masuk ke TPA (tempat pembuangan akhir), 10% didaur ulang dan 30% sisanya menjadi tumpukan sampah.

Hari ini, bertempat di saung singgah kreatif yang berlokasi di Situ Pengasinan Depok, beberapa komunitas di kota Depok, perwakilan pemuda kecamatan Sawangan dan kecamatan Bojongsari mendapat edukasi pengelolaan dan pengolahan limbah plastik dari Get Plastic Foundation.

banner 336x280

Dalam kegiatan, para peserta edukasi pengelolaan dan pengolahan sampah plastik berbasis komunitas ini mendapat pelatihan mengenali jenis-jenis sampah plastik serta jenis limbah plastik yang dapat didaur ulang mesin pyrolisis menjadi bahan bakar solar dan bensin.

Pembekalan materi jenis, struktur dan karakter plastik diberikan langsung oleh Mas Dimas selaku Founder dari Get Plastic Foundation.

Dalam sesi praktek pemilahan, para peserta edukasi diberikan kesempatan untuk mengenali jenis-jenis sampah sesuai teori, dan menempatkannya ke dalam keranjang pemilahan yang sudah disiapkan lengkap dengan kode dan artinya. Hal ini menjadikan kegiatan pemilahan menjadi sangat mudah di pahami dan efektif dalam pelaksanaan pemilahan.

Adapun Output dari kegiatan ini diharapkan para peserta dapat menjadi inisiator penggerak pengelolaan dan pengolahan sampah secara terpadu berbasis komunitas di kota Depok. Selain itu, program yang melibatkan lintas komunitas ini dapat menerapkannya di wilayah masing-masing dan memutus rantai limbah plastik berakhir di TPA.

#catatansangpandu
nb: peserta sudah melakukan program Vaksinasi dan test antigen.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *