Menu
Berita Terbaru, Terkini, dan Terpopuler

Sehatnya Kelapa Bakar di Pekanbaru

  • Bagikan

Edisi.id – Kelapa muda biasanya disajikan dengan perpaduan jeruk, es ataupun susu.

Namun ada yang beda di Pondok Kelapa muda di Kota Pekanbaru Riau, disajikan dengan cara dibakar dan dicampur menggunakan rempah-rempah yang berkhasiat menghilangkan demam, flu, dan batuk.

Pondok Kelapa Mondex atau yang disingkat pokil ini berada di Jalan Ikhlas Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru Riau ini, disajikan kepadanya para pelanggannya dengan cara yang berbeda.

Cara pemuatan:

1. Kelapa muda yang sedang terlebih dahulu dibakar selama tiga jam di tempat yang sudah disiapkan.

2. kelapa dikupas seperti biasa dan dicampur menggunakan rempah-rempahnya seperti jahe merah,serai, kayu manis, lada Jawa, gula merah dan sejumlah rempah lainnya.

Ide awal kelapa bakar rempah-rempah ini berawal dari pengalaman pemilik kedai yang sering sakit dan sembuh setelah diberi kelapa bakar rempah oleh kakek buyutnya.

“Khasiatnya tu kalau yang sudah-sudah tu yang jelas mengurangi batuk, pilek, demam. Jadi kalau kita yang dingin-dingin ya minum itu keringetnya keluar”. Ujar Riyani selaku sebagai Penjual Kelapa Bakar Rempah

Khasiat kelapa muda bakar yang dikasih rempah-rempah ini diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Diantaranya batuk,flu, dan demam. Dalam satu hari 200 butir kelapa mudanya habis diburu pembeli.

Sedangkan untuk harga kelapa bakar rempah dijual seharga Rp. 20.000 per butirannya, dan kelapa bakar orisinal dijual dengan harga Rp.15.000 per butir, Rabu, 08 Desember 2021.

– Khalifah Sekar Arum

  • Bagikan