Menu
Berita Terbaru, Terkini, dan Terpopuler

Jangan Asal Unduh Aplikasi, Bisa Akibatkan Begini

  • Bagikan

Edisi.id – Harap hati-hati dalam menggunakan sosial media, karena terdapat aplikasi pencuri password dan data pribadi pengguna sosmed.

Sebanyak sembilan aplikasi android yang telah diunduh lebih dari 5,8 juata kali dituding telah mencuri data pribadi para pengguna facebook, termasuk username dan password.

Sembilan aplikasi tersebut di antaranya:

1. Processing Photo

2. App Lock Keep

3. Rubbish Cleaner

4. Horoscope Daily

5. Horoscope Pi

6. App Lock Manager

7. Locket Master

8. Inwell Fitness

9. PIP Photo.

Modus aplikasi untuk mencuri data pribadi.

Sebagaimana dikutip edisi.co.id dari postingan instagram @ccicpolri Modus operandi dari aplikasi tersebut adalah dengan merayu pengguna untuk mendaftar menggunakan akun facebook, dan menjual credential nya ke penipu.

Aplikasi-aplikasi itu sendiri berfungsi normal dan bisa digunakan dengan baik. Sehingga para pengguna atau korban tidak merasa curiga dengan aplikasi tersebut.

Jangan asal unduh aplikasi

Para pengguna smartphone harus bersikap smart, untuk tidak mengunduh aplikasi dari developer / sumber yang untrusted agar tidak menjadi korban pencurian data pribadi.

Google sendiri langsung menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dan menangguhkan akun developer aplikasi agar tidak mengupload aplikasi lainnya di Google Play Store

  • Bagikan