Menu
Berita Terbaru, Terkini, dan Terpopuler

Inilah yang terjadi pada tubuh kita setelah di vaksin

  • Bagikan

Edisi.id- Kita mungkin penasaran apa yang terjadi ketika tubuh divaksinasi. Seperti apa vaksin sinovac bekerja di dalam tubuh?

Vaksin sinovac ini terbuat dari virus covid 19 dan semple vaksin ini diambil dari pasien covid 19 di Tiongkok. Nah mungkin anda bertanya-tanya berarti tubuh kita dimasukkan virus?, pada prinsip dasarnya Iya, karena tujuannya adalah mengenalkan virus pada tubuh agar terbentuk antibody.

Tapi tidak perlu khawatir, karena virus yang digunakan pada vaksin adalah virus yang sudah dilemahkan atau di inatifikasi pada prosesnya. Beberapa peneliti juga menggunakan senyawa beta propiolactone untuk menonaktifkan virus Corona agar dia tidak terikat dengan gen nya.

Vaksin sinovac ini di suntikan di lengan tepatnya di jaringan kulit bukan pembuluh darahnya. Dia bukan di pembuluh darah tujuannya untuk memberi waktu sel tubuh mengenal virus. Kalau langsung di pembuluh darah maka virus akan cepat menyebar dan bisa menjadi fatal bila menyerang organ vital.

Kemudian apa yang terjadi setelah vaksinasi atau menyuntikan virus pada tubuh? nah proses berikutnya adalah yang kita kenal dengan nama imunisasi. Setelah vaksin Sinovac masuk, tubuh kita memerintahkan pasukan antibodi nya untuk melawan virus covid 19.

Inilah hebatnya sistem imun tubuh manusia karena ini virus baru Selain melawan kelenjar limfe juga memproduksi antigen dari virus yang menyerang tubuh manusia. Karena virus yang disuntikkan ini sudah lemah makanya memudahkan sel limfosit B dan T untuk mengalahkan sekaligus mengenali kode dari protein virus covid 19.

Dan ini lagi lagi hebatnya tubuh kita sekali mengenali jenis virus otomatis tubuh sudah menyimpan data anti-virus nya jadi jika kemudian hari kalau tubuh terinfeksi virus yang sama, maka sistem imun sudah punya database anti virus nya untuk cara melawannya.

Karena Vaksinasi adalah mengenalkan virus pada tubuh maka orang yang divaksinasi ini biasanya akan mengalami gejala seperti orang terinfeksi virus untuk vaksin sinovac hasil tes menunjukkan sekitar 20% relawan ini mengalami nyeri ringan akibat suntikan sementara 15% melaporkan merasakan sakit kepala setelah pemberian dosis pertama tapi turun menjadi 10% untuk dosis kedua sementara sebanyak 5% relawan ini melaporkan merasa mual, kelelahan bahkan nyeri otot.

Nah ini mesti memiliki efek samping vaksin tidak ini telah lolos uji klinis dan mendapat persetujuan badan pengawas obat dan makanan serta Majelis Ulama di indonesia namun ini meski sudah divaksin masyarakat Indonesia harus tetap menjalankan 3M.

  • Bagikan