Meriahnya Sholat Idul Adha di Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago 1445 H

  • Bagikan

Edisi.id – Senin, 17 Juni 2024 Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago mengadakan kegiatan Shalat Idul Adha di Lapangan Samping Lapangan Futsal Komplek Palem Ganda Asri (PGA) Meruyung Limo Depok.

Sholat Idul Adha ini dihadiri oleh para santri, ustadz, ustadzah, pengurus pondok dan warga Komplek Palem Ganda Asri bekerjasama dengan DKM Masjid Nurul Hikmah.

Dr Awaluddin Faj, M. Pd selaku Pimpinan Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah yang menjadi Khotib Idul Adha menyampaikan Bahwa Pada bulan Dzulhijjah ini kita memiliki tiga ibadah yang istimewa, yakni ibadah Haji, shalat Id, dan kurban. Ketigannya merupakan sinergi yang membutuhkan kepasrahan yang total kepada Allah swt. Hal ini sebagaimana kisah Nabi Ibrahim as yang diberi ujian oleh Allah swt di waktu lampau, yang kemudian ujian tersebut menjadi rangkaian ibadah haji dan kurban yang kita kenal saat ini.

Jika kita bisa menjalankan ketiga ibadah tersebut dengan baik, berarti kita telah bertawakal kepada Allah swt, karena tawakal merupakan kepasrahan yang total kepada-Nya.

Ini sebagaimana kepasrahan Nabi Ibrahim yang diuji oleh Allah dengan serangkaian ujian, yang kemudian berujung dengan kemenangan. Karena sesungguhnya Allah swt akan mencukupi dan menolong hamba-Nya yang bertawakal. Hal ini sebagaimana telah tercantum dalam Al-Qur’an surat Ath-Thlaaq ayat 3:

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

Artinya: Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya (QS Ath-Thlaaq: 3).

Setelah sholat idul adha kemudian di lakukan penyembelihan hewan kurban. Alhamdulillah tahun ini untuk DKM Masjid Nurul Hikmah ndipercaya untuk menyalurkan 8 kambing, sedangkan di Lingkungan Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago 2 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Daging kurban di salurkan ke beberapa sohibul kurban, para santri, guru dan warga sekitar pondok, terutama fakir dan miskin.

semoga kegiatan ibadah ini mendapat rido dari Allah, limpahan pahala terutama bagi para sohibul qurban dan turunnya barokah.

Jazakumullah khairan untuk para sohibul Qurban telah berqurban bersama Primago Peduli, Qurban Kita Qualitas Hidup Kita.

  • Bagikan